SILABUS KEWIRAUSAHAAN KELAS X SMK

SILABUS

 

NAMA SEKOLAH                    :     SMK PLUS AR-RAHMAH PAPAR KEDIRI

MATA PELAJARAN                :     Kewirausahaan

KELAS/SEMESTER               :     X/1

STANDAR KOMPETENSI     :     1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

KODE KOMPETENSI            :     A

ALOKASI WAKTU                   :     52 x 45 menit

 

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

1.1     Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha
  • Disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovasi, mandiri dan selalu bekerja dengan berprestasi
  • Kebeberhasilan dan kegagalan wirausahawan   diidentifikasi berdasarkan sikap dan   perilakunya dalam keseharian
  • Pengertian kewirausahaan
  • Karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis
  • Cara mengidentifikasi 10 kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan
  • Menjelaskan pengertian kewirausahaan, wirausaha dan wirausahawan
  • Mengetahui dan mengimplementasikan karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan siswa
  • Mengetahui cara mengidentifiikasi dan menerapkan 10 kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan dalam keseharian siswa di sekolah dan lingkungan
  • Menyimpulkan karakteristik wirausahawan yang berhasil dan yang gagal
  • Menghargai karya dan pengalaman orang lain sebagai masukan bagi pengembangan diri
 

 

 

 

 

 

  • Tes tertulis
  • Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

4

1 (2)

1 (4)

  •  Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan Kelas X, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk Kelas x semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
1.2     Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju)

 

 

 

  • Kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi :

–    Kerja ikhlas

–    Kerja mawas >< emosional

–    Kerja cerdas

–    Kerja keras

–    Kerja tuntas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Pengertian, tujuan, manfaat perilaku kerja prestatif
  • Perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi:

–    kerja ikhlas

–    kerja mawas >< emosional

–    kerja cerdas

–    kerja keras

–    kerja tuntas

  • Prinsip cara kerja prestatif

 

 

 

  • Mengetahui pengertian, tujuaan dan manfaat perilaku kerja prestatif
  • Menjelaskan cara kerja prestatif (selalu ingin maju)
  • Menerapkan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) dalam kehidupan keseharian di lingkungan keluarga, sekolah & masyarakat :

–    Kerja ikhlas

–    Kerja mawas >< emosiosonal

–    Kerja cerdas

–    Kerja keras

–    Kerja tuntas

  • Tes tertulis
  • Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

5

2  (4)

1 (4)

  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas x semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
1.3     Merumuskan solusi masalah

 

 

 

 

  • Masalah diidentifikasi, dirumuskan dan dianalisis, dengan percaya diri
  • Kecakapan mengolah informnasi,
  • Berpikir kreatif
  • Kecakapan memecahkan masalah,
  • Kecakapan bekerjasama dengan teman sekerja
  • Alternatif perumusan solusi masalah berdasarkan hasil analisis
  • Pengertian masalah
  • Teknik  pemecahan masalah dan pembuatan keputusan
  • Membedakan masalah dan bukan masalah
  • Identifikasi masalah dan mencari penyebabnya
  • Mencari dan menentukan alternatif pemecahan masalah
  • Pertimbangan dalam merumuskan solusi masalah
  • Dampak dari pengambilan keputusan
 

 

  • Mengetahui pengertian dan perbedaan masalah dan bukan masalah
  • Mengetahui teknik pemecahan masalah dan pengambilan keputusan serta menerapkan dalam kehidupan aktivitas keseharian  di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
  • Mengidentifikasi masalah dan mencari penyebab terjadinya masalah
  • Menentukan alternatif pemecahan permasalahan
  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil penugasan dalam bentuk portofolio

5

2  (4)

1 (4)

  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan Kelas X, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas x semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
1.4     Mengembangkan semangat wirausaha
  • Menciptakan daya saing sesuai dengan instrumen penilaian
  • Menciptakan sikap selalu ingin maju sesuai dengan instrumen penilaian

 

 

 

  • Meningkatkan sikap disiplin dan etos kerja dengan instrumen penilaian
  • Menumbuhkan kreativitas dan inovatif siswa sesuai dengan instrumen penilaian
    • Inovatif
    • Kreatifitas
    • Motivasi
    • Sikap bekerja efektif dan efisien
  • Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja wirausaha
  • Mengetahui pengertian-pengertian inovasi, kreatifitas dan motivasi
  • Mengetahui prinsip-prinsip kerja yang efektif dan efisien
 

  • Menerapkan faktor pengaruh semangat kerja dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan
  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
 

 

  • Hasil penugasan dalam bentuk portofolio

6

2  (4)

  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan Kelas X, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
1.5     Membangun komitmen bagi dirinya dan bagi orang lain
  • Pantang menyerah terhadap keadaan atau situasi apapun juga
  • Memiliki semangat dan tahan uji dari setiap tantangan
  • Memiliki kesabaran dan ketabahan di dalam berusaha
  • Selalu bekerja, berjuang dan berkorban
  • Faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi
  • Menerapkan perilaku tepat waktu
  • Menerapkan perilaku tepat janji
  • Menerapkan kepedulian terhadap mutu hasil kerja
  • Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri
 
  • Mengetahui faktor-faktor yang menunjukkan seseorang mempunyai komitmen tinggi dalam keseharian aktivitas
  • Menerapkan perilaku tepat waktu, tepat janji dalam kegiatan aktivitas keseharian baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan
  • Menerapkan komitmen tinggi terhadap kepedulian mutu hasil pekerjaan
  • Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri seperti disiplin, ulet dan ketabahan
  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil penugasan dalam bentuk portofolio

5

2  (4)

1 (4)

  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan kelas X, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
1.6     Mengambil resiko usaha
  • Identifikasi jenis-jenis resiko
  • Memperkecil resiko yang merugikan

 

  • Prinsip dasar resiko meliputi pengertian, macam, unsur, manfaat, tujuan dsb
  • Manajemen resiko
  • Memahami pengambilan resiko usaha
  • Macam-macam resiko
  • Unsur resiko
  • Mengelola resiko meliputi penanganan sendiri, cara menghindari, memperkecil resiko negatif  dan pengalihan resiko kepada pihak lain
 
  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

4

2 (4)

 
  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
1.7     Membuat keputusan
  • Alternatif pemecahan masalah
  • Solusi memecahkan masalah

 

  • Resiko keberhasilan dan kegagalan dalam pengambilan keputusan

 

  • Solusi pemecahan masalah
  • Komunikasi
  • Analisis SWOT
  • Mengetahui pengertian pengambilan keputusan
  • Merumuskan atau mendefinisikan masalah/persoalan dari suatu kejadian (event) dengan membuat alternatif- alternatif pemecahan masalah
  • Memecahkan masalah keseharian berdasarkan penugasan guru melalui diskusi (brainstorming, force field analysis).
  • Mengambil keputusan berdasarkan kondisi yang ditetapkan guru, melalui diskusi  dengan analisis SWOT).
  • Memperhitungkan resiko dalam membuat keputusan
  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil penugasan dalam bentuk portofolio

6

2  (4)

  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan

 


NAMA SEKOLAH                              :   SMK PLUS AR-RAHMAH PAPAR KEDIRI

MATA PELAJARAN                          :   Kewirausahaan

KELAS/SEMESTER                         :   X/2

STANDAR KOMPETENSI               :   2. Menerapkan Jiwa Kepemimpinan

KODE KOMPETENSI                      :   B

ALOKASI WAKTU                             :   24 x 45 menit

 

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

2. 1         Menunjukkan sikap pantang menyerah dan ulet

 

  • Kegiatan usaha dilakukan dengan semangat, tidak putus asa, selalu ingin maju, dan selalu mencari sesuatu yang baru sesuai dengan instrumen yg telah ditetapkan
  • Mengetahui hakikat sikap pantang menyerah dan ulet
  • Melakukan sikap pantang menyerah dan ulet dalam kegiatan usaha
  • Menjelaskan hakikat sikap pantang menyerah dan ulet
  • Mempunyai sikap pantang menyerah dan ulet dengan keikutserta-an (magang) pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam program CBT
 
  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

6

2 (4)

  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan Kelas X, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
2. 2         Mengelola konflik

 

  • Melakukan identifikasi terhadap konflik

 

 

 

 

 

 

 

  • Memanfaatkan Konflik

 

 

  • Mengetahui penyebab, tipe, manfaat, dampak, jenis, pengelompokan, tahap terjadinya, penanggulangan dan cara mengelola konflik
  • Mengetahui dampak negatif dan positif dari konflik
  • Memanfaatkan konflik positif
  • Mengatasi konflik negatif
  • Menjelaskan penyebab, tipe-tipe, dampak, jenis-jenis, kelompok, tahapan terjadinya, penanggulangan dan pengelolaan konflik
  • Mengatasi konflik yang timbul dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam program CBT
  •  Mengambil manfaat dari konfik yang terjadi dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam CBT
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

6

2 (4)

  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
2. 3         Membangun visi dan misi usaha
  • Menyusun visi dan misi perusahaan
  • Menyusun rencana kegiatan sesuai dengan visi dan misi perusahaan

 

  • Mengetahui visi dan misi perusahaan
  • Mengetahui kegiatan yang dapat digunakan untuk mencapai visi dan misi perusahaan
  • Menjelaskan visi dan misi perusahaan
  • Dapat menjalankan visi dan misi dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam program CBT
  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

6

2 (4)

  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                  Purwotengah,

Kepala sekolah                                                                                                                                                                         Guru Pengajar

Drs. Sarmuji                                                                                                                                                                             M.Zainudin, S. Pd

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s