SILABUS KEWIRAUSAHAAN KELAS X SMK

SILABUS

 

NAMA SEKOLAH                    :     SMK PLUS AR-RAHMAH PAPAR KEDIRI

MATA PELAJARAN                :     Kewirausahaan

KELAS/SEMESTER               :     X/1

STANDAR KOMPETENSI     :     1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

KODE KOMPETENSI            :     A

ALOKASI WAKTU                   :     52 x 45 menit

 

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

1.1     Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha
  • Disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovasi, mandiri dan selalu bekerja dengan berprestasi
  • Kebeberhasilan dan kegagalan wirausahawan   diidentifikasi berdasarkan sikap dan   perilakunya dalam keseharian
  • Pengertian kewirausahaan
  • Karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis
  • Cara mengidentifikasi 10 kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan
  • Menjelaskan pengertian kewirausahaan, wirausaha dan wirausahawan
  • Mengetahui dan mengimplementasikan karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan siswa
  • Mengetahui cara mengidentifiikasi dan menerapkan 10 kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan dalam keseharian siswa di sekolah dan lingkungan
  • Menyimpulkan karakteristik wirausahawan yang berhasil dan yang gagal
  • Menghargai karya dan pengalaman orang lain sebagai masukan bagi pengembangan diri
 

 

 

 

 

 

  • Tes tertulis
  • Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

4

1 (2)

1 (4)

  •  Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan Kelas X, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk Kelas x semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
1.2     Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju)

 

 

 

  • Kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi :

-    Kerja ikhlas

-    Kerja mawas >< emosional

-    Kerja cerdas

-    Kerja keras

-    Kerja tuntas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Pengertian, tujuan, manfaat perilaku kerja prestatif
  • Perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi:

-    kerja ikhlas

-    kerja mawas >< emosional

-    kerja cerdas

-    kerja keras

-    kerja tuntas

  • Prinsip cara kerja prestatif

 

 

 

  • Mengetahui pengertian, tujuaan dan manfaat perilaku kerja prestatif
  • Menjelaskan cara kerja prestatif (selalu ingin maju)
  • Menerapkan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) dalam kehidupan keseharian di lingkungan keluarga, sekolah & masyarakat :

-    Kerja ikhlas

-    Kerja mawas >< emosiosonal

-    Kerja cerdas

-    Kerja keras

-    Kerja tuntas

  • Tes tertulis
  • Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

5

2  (4)

1 (4)

  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas x semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
1.3     Merumuskan solusi masalah

 

 

 

 

  • Masalah diidentifikasi, dirumuskan dan dianalisis, dengan percaya diri
  • Kecakapan mengolah informnasi,
  • Berpikir kreatif
  • Kecakapan memecahkan masalah,
  • Kecakapan bekerjasama dengan teman sekerja
  • Alternatif perumusan solusi masalah berdasarkan hasil analisis
  • Pengertian masalah
  • Teknik  pemecahan masalah dan pembuatan keputusan
  • Membedakan masalah dan bukan masalah
  • Identifikasi masalah dan mencari penyebabnya
  • Mencari dan menentukan alternatif pemecahan masalah
  • Pertimbangan dalam merumuskan solusi masalah
  • Dampak dari pengambilan keputusan
 

 

  • Mengetahui pengertian dan perbedaan masalah dan bukan masalah
  • Mengetahui teknik pemecahan masalah dan pengambilan keputusan serta menerapkan dalam kehidupan aktivitas keseharian  di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
  • Mengidentifikasi masalah dan mencari penyebab terjadinya masalah
  • Menentukan alternatif pemecahan permasalahan
  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil penugasan dalam bentuk portofolio

5

2  (4)

1 (4)

  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan Kelas X, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas x semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
1.4     Mengembangkan semangat wirausaha
  • Menciptakan daya saing sesuai dengan instrumen penilaian
  • Menciptakan sikap selalu ingin maju sesuai dengan instrumen penilaian

 

 

 

  • Meningkatkan sikap disiplin dan etos kerja dengan instrumen penilaian
  • Menumbuhkan kreativitas dan inovatif siswa sesuai dengan instrumen penilaian
    • Inovatif
    • Kreatifitas
    • Motivasi
    • Sikap bekerja efektif dan efisien
  • Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja wirausaha
  • Mengetahui pengertian-pengertian inovasi, kreatifitas dan motivasi
  • Mengetahui prinsip-prinsip kerja yang efektif dan efisien
 

  • Menerapkan faktor pengaruh semangat kerja dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan
  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
 

 

  • Hasil penugasan dalam bentuk portofolio

6

2  (4)

  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan Kelas X, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
1.5     Membangun komitmen bagi dirinya dan bagi orang lain
  • Pantang menyerah terhadap keadaan atau situasi apapun juga
  • Memiliki semangat dan tahan uji dari setiap tantangan
  • Memiliki kesabaran dan ketabahan di dalam berusaha
  • Selalu bekerja, berjuang dan berkorban
  • Faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi
  • Menerapkan perilaku tepat waktu
  • Menerapkan perilaku tepat janji
  • Menerapkan kepedulian terhadap mutu hasil kerja
  • Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri
 
  • Mengetahui faktor-faktor yang menunjukkan seseorang mempunyai komitmen tinggi dalam keseharian aktivitas
  • Menerapkan perilaku tepat waktu, tepat janji dalam kegiatan aktivitas keseharian baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan
  • Menerapkan komitmen tinggi terhadap kepedulian mutu hasil pekerjaan
  • Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri seperti disiplin, ulet dan ketabahan
  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil penugasan dalam bentuk portofolio

5

2  (4)

1 (4)

  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan kelas X, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
1.6     Mengambil resiko usaha
  • Identifikasi jenis-jenis resiko
  • Memperkecil resiko yang merugikan

 

  • Prinsip dasar resiko meliputi pengertian, macam, unsur, manfaat, tujuan dsb
  • Manajemen resiko
  • Memahami pengambilan resiko usaha
  • Macam-macam resiko
  • Unsur resiko
  • Mengelola resiko meliputi penanganan sendiri, cara menghindari, memperkecil resiko negatif  dan pengalihan resiko kepada pihak lain
 
  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

4

2 (4)

 
  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
1.7     Membuat keputusan
  • Alternatif pemecahan masalah
  • Solusi memecahkan masalah

 

  • Resiko keberhasilan dan kegagalan dalam pengambilan keputusan

 

  • Solusi pemecahan masalah
  • Komunikasi
  • Analisis SWOT
  • Mengetahui pengertian pengambilan keputusan
  • Merumuskan atau mendefinisikan masalah/persoalan dari suatu kejadian (event) dengan membuat alternatif- alternatif pemecahan masalah
  • Memecahkan masalah keseharian berdasarkan penugasan guru melalui diskusi (brainstorming, force field analysis).
  • Mengambil keputusan berdasarkan kondisi yang ditetapkan guru, melalui diskusi  dengan analisis SWOT).
  • Memperhitungkan resiko dalam membuat keputusan
  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil penugasan dalam bentuk portofolio

6

2  (4)

  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan

 


NAMA SEKOLAH                              :   SMK PLUS AR-RAHMAH PAPAR KEDIRI

MATA PELAJARAN                          :   Kewirausahaan

KELAS/SEMESTER                         :   X/2

STANDAR KOMPETENSI               :   2. Menerapkan Jiwa Kepemimpinan

KODE KOMPETENSI                      :   B

ALOKASI WAKTU                             :   24 x 45 menit

 

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

2. 1         Menunjukkan sikap pantang menyerah dan ulet

 

  • Kegiatan usaha dilakukan dengan semangat, tidak putus asa, selalu ingin maju, dan selalu mencari sesuatu yang baru sesuai dengan instrumen yg telah ditetapkan
  • Mengetahui hakikat sikap pantang menyerah dan ulet
  • Melakukan sikap pantang menyerah dan ulet dalam kegiatan usaha
  • Menjelaskan hakikat sikap pantang menyerah dan ulet
  • Mempunyai sikap pantang menyerah dan ulet dengan keikutserta-an (magang) pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam program CBT
 
  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

6

2 (4)

  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan Kelas X, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
2. 2         Mengelola konflik

 

  • Melakukan identifikasi terhadap konflik

 

 

 

 

 

 

 

  • Memanfaatkan Konflik

 

 

  • Mengetahui penyebab, tipe, manfaat, dampak, jenis, pengelompokan, tahap terjadinya, penanggulangan dan cara mengelola konflik
  • Mengetahui dampak negatif dan positif dari konflik
  • Memanfaatkan konflik positif
  • Mengatasi konflik negatif
  • Menjelaskan penyebab, tipe-tipe, dampak, jenis-jenis, kelompok, tahapan terjadinya, penanggulangan dan pengelolaan konflik
  • Mengatasi konflik yang timbul dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam program CBT
  •  Mengambil manfaat dari konfik yang terjadi dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam CBT
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

6

2 (4)

  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
2. 3         Membangun visi dan misi usaha
  • Menyusun visi dan misi perusahaan
  • Menyusun rencana kegiatan sesuai dengan visi dan misi perusahaan

 

  • Mengetahui visi dan misi perusahaan
  • Mengetahui kegiatan yang dapat digunakan untuk mencapai visi dan misi perusahaan
  • Menjelaskan visi dan misi perusahaan
  • Dapat menjalankan visi dan misi dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam program CBT
  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

6

2 (4)

  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                  Purwotengah,

Kepala sekolah                                                                                                                                                                         Guru Pengajar

Drs. Sarmuji                                                                                                                                                                             M.Zainudin, S. Pd

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s