RPP KEWIRAUSAHAAN SMK PLUS ARRAHMAH KELAS X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama Sekolah                 :  SMK PLUS ARRAHMAH

Mata Pelajaran                :  Kewirausahaan

Kelas/Semester               :  X / I

Standar Kompetensi        :  Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar           :  1.1 Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha

Indikator                         :  1.   Mengidentifikasi pengertian wirausaha dan kewirausahaan

2.   Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha

3.   Mengidentifikasi karakteristik wirausahawan

4.   Mengidentifikasi kegagalan dan kesuksesan seorang wirausahan

Alokasi Waktu                :  8 x 45’

 

I.       Tujuan Pembelajaran

Setelah siswa mengkaji dan menganalisis dari berbagai sumber tentang sikap dan perilaku wirausaha, siswa mampu :

  1. Menjelaskan pengertian wirausaha dan kewirausahaan dengan baik
  2. Menunjukkan tujuan, asas, sasaran, dan ruang lingkup kewirausahaan dengan benar
  3. Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha dengan benar
  4. Menerapkan karakteristik wirausahawan seperti disiplin, mandiri, realistis, jujur, komitmen tinggi, kreatif, dan inovatif dengan baik
  5. Mengidentifikasi karakteristik warausahawan menurut para ahli dengan baik dan benar
  6. Menunjukkan 10 macam kegagalan dan kesuksesan warausahawan berdasarkan karakteristik wirausahawan dengan benar
  7. Menyimpulkan karakteristik wirausahawan yang gagal dan sukses dengan baik

 

II.    Materi Ajar

  1. Pengertian kewirausahaan dan wirausaha
  2. Tujuan, asas, sasaran, dan ruang lingkup kewirausahaan
  3. Sikap dan perilaku wirausahawan
  4. Falsafah dan kebiasaan wirausahawan
  5. Karakteristik wirausahawan menurut para ahli
  6. Karakteristik wirausahawan yang meliputi disiplin, mandiri, realistis, jujur, komitmen tinggi, kreatif, dan inovatif
  7. Cara mengidentifikasi 10 kegagalan dan kesuksesan seorang wirausahan

 

III. Metode Pembelajaran

  1. Ceramah bervariasi
  2. Diskusi
  3. Penugasan

 

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

  1. Pertemuan ke-1 dan ke-2

1.      Pendahuluan

-         Salam dan presensi

-         Appersepsi materi tentang kewirausahaa

-         Tanya jawab

-         Siswa mempelajari materi sesuai dengan kompetensi dasar

2.      Kegiatan Inti

-         Mengkaji dari berbagai sumber tentang sikap dan perilaku wirausahawan

-         Menjelaskan pengertian wirausaha dan kewirausahaan

-         Menganalisis tujuan, asas, sasaran, manfaat, ruang lingkup kewirausahaan

-         Menjelaskan karakteristik wirausahawan menurut ahli

-         Mendiskusikan tentang karakteristik wirausahawan seperti disiplin, mandiri, realistis, jujur, komitmen tinggi, kreatif, dan inovatif

3.      Kegiatan akhir

-         Membahas tentang penugasan yang diberikan ke siswa dan memberikan informasi berikutnya

 

  1. Pertemuan ke-3 dan ke-4

1.      Pendahuluan

-         Salam dan presensi

-         Tanya jawab materi yang terdahulu

-       Siswa mempelajari materi tentang kegagalan dan kesuksesan wirausahawan

 

2.      Kegiatan Inti

-         Menganalisis dari berbagai sumber tentang kegagalan dan kesuksesan wirausahawan

-         Mendiskusikan sikap dan perilaku seorang wirausahawan

-         Memahami karakteristik wirausahawan

3.      Kegiatan Akhir

-         Mengadakan evaluasi secara lisan tentang materi yang telah dipelajari dan pembahasan materi yang belum dipahami

 

V.     Sumber belajar

  1. Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan Kelas X, Solo : CV Seti-Aji.

2.      Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk Kelas x semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico

3.      Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan

4.      Laporan kinerja siswa yang dihasilkan

5.      Buku referensi yang relevan

 

VI.  Penilaian

-         Teknik : Tes tertulis

-         Bentuk instrument : isisan singkat dan essay

A.     Soal KD 1.1

Isian singkat

1.      Inpres no. 4 tahun 1995 tentang GNMMK, yaitu singkatan dari …..

2.      Wirausaha adalah orang yang berani memaksakan diri untuk menjadi pelayan bagi orang lain, ini dikemukakan oleh …..

3.      Sasaran kewirausahaan adalah para pelaku ekonomi terutama …..

4.      Sikap dan perilaku wirausaha yang utama adalah …..

5.      Istilah 10D dikemukakan oleh …..

6.      Mencintai pekerjaan bisnisnya dan hasil produksinya disebut …..

7.      Proses pengembangan kewirausahaan : ketidakpuasan terhadap pekerjaan sekarang termasuk …..

8.      Berusaha mendidik karyawan menjadi mandiri, disiplin, tekun dan jujur merupakan salah satu dari …..

9.      Salah satu penyebab kegagalan adalah bakat yang tidak sesuai. Hal ini disebabkan …..

10.  Salah satu keuntungan menjadi wirausahawan adalah terbukanya peluang untuk …..

 

Essay

1.      Apakah manfaat dari kewirausahaan? (4 saja)

2.      Jelaskan keterampilan-keterampilan yang harus dipunyai wirausahawan yang dapat menunjang keberhasilan!

3.      Sebutkan 10 macam kegagalan dalam berwirausaha!

4.      Tuliskan karakteristik wirausahawan menurut Wasty Sumanto!

5.      Sebutkan factor pemicu (Triggering Event) untuk terjun dalam dunia bisnis! (4 saja)

 

B.     Kunci Jawaban

Jawaban singkat

1.    Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudidayakan Kewirausahaan

2.    Gede Perma

3.    pengusaha kecil

4.    bekerja tekun, teliti, produktif

5.    By Grave

6.    devotion

7.    Triggering Event

8.    manfaat kewirausahaan

9.    kurang mengenal jenis usaha yang dipilih

10.menjadi bos sendiri

 

Essay

1.      – menambah lapangan kerja

-   sebagai generator pembangunan

-   berusaha mendidik karyawannya menjadi orang yang mandiri

-   berusaha mendidik masyarakat agar hidup secara efisien

2.      a.   Keterampilan dasar :

-   memiliki sikap mental dan spiritual yang tinggi

-   memiliki kepribadian yang unggul

-   pandai berinisiatif

-   dapat mengkoordinasikan semua kegiatan usaha

b.      Keterampilan khusus

-   Conceptual skill à melakukan kegiatan usaha secara menyeluruh

-   Technical skill à melakukan teknik tertentu dalam mengelola usaha

-   Human skill à mampu bekerja sama dengan orang lain

3.      a. tidak adanya perencanaan yang matang

b. bakat yang tidak cocok

c. kurang pengalaman

d. tidak mempunyai semangat wirausaha

e. kurangnya modal

f. lemahnya pemasaran

g. tidak mempunyai etos kerja yang tinggi

h. tidak disiplin, efektif dan efisien

i. tidak mandiri

j. tidak hati-hati

4.      a. memiliki moral yang tinggi

b. sikap mental wirausaha

c. kepekaan terhadap arti lingkungan

d. keterampilan wiraswasta

5.      a. adanya komitmen yang tinggi dalam berwirausaha

b. adanya keberanian menanggung resiko

c. adanya PHK

d. adanya ketidakpuasan dengan pekerjaan sekarang

 

C.     Pedoman Penilaian

a.       jawab singkat à no 1-10, setiap soal berbobot 2

b.      Essay à no 1 =10, no 2 = 20, no 3 = 10, n0 4 = 10, no 5 = 10

 

Jumlah skor semua : Jawaban singkat  = 20

Essay                   = 60

Jumlah skor x 10 = 100

8

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                              Purwotengah,

Kepala sekolah                                                                         Guru Pengajar

Drs. Sarmuji                                                                             M.Zainudin, S. Pd

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama Sekolah                 :  SMK PLUS ARRAHMAH

Mata Pelajaran                :  Kewirausahaan

Kelas/Semester               :  X/ I

Standar Kompetensi        :  Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar           :  1.2 Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif

Indikator                         :  1.   Menjelaskan pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif

2.   Mengidentifikasi karakteristik wirausahawan berdasarkan perilaku kerja prestatif

3.   Menerapkan bentuk perilaku kerja prestatif, yaitu kerja ikhlas, kerja tuntas, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja mawas diri terhadap emosional di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat

4.   Menjelaskan pembinaan perilaku kerja prestattif melalui latihan

5.   Menjelaskan motivasi dalam bekerja

Alokasi Waktu                :  6 x 45’

 

I.       Tujuan Pembelajaran

Setelah siswa mengalami proses pembelajaran, siswa mampu :

1.      Menjelaskan pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif dengan baik

2.      Menyebutkan karakteristik wirausahawan berdasarkan perilaku kerja prestatif dengan benar

3.      Mengidentifikasi ciri dan sifat kerja prestatif secara benar

4.      Menerapkan bentuk perilaku kerja prestatif yaitu kerja ikhlas, kerja tuntas, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja mawas diri terhadap emosional di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat dengan benar

5.      Menjelaskan pentingnya pembinaan perilaku kerja prestatif melalui latihan dengan benar

6.      Menyebutkan metode-metode latihan dengan benar

7.      Menjelaskan motivasi dalam bekerja dengan benar

 

II.    Materi Ajar

1.      Pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif

2.      Karakteristik wirausahawan yang bekerja prestatif

3.      Bentuk-bentuk kerja prestatif

4.      Metode latihan

5.      Motivasi kerja

 

III. Metode Pembelajaran

1.      Ceramah bervariasi

2.      Diskusi

3.      Penugasan

 

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-1 dan ke-2

1.      Pendahuluan

-         salam

-         presensi

-         Tanya jawab

-         Siswa mempelajari materi sesuai dengan kompetensi dasar

2.      Kegiatan inti

-         Mengkaji pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif

-         Menganalisis karakteristik wirausahawan berdasarkan perilaku kerja prestatif

-         Mendiskusikan contoh-contoh perilaku kerja prestatif

-         Menerapkan bentuk perilaku kerja prestatif di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat

3.      Kegiatan penutup

-         membahas soal dan tugas yang akan diberikan

 

 

Pertemuan ke-3

  1. Pendahuluan

-         salam

-         presensi

-         appersepsi materi yang sudah

-         siswa mempelajari materi sesuai kompetensi

  1. Kegiatan inti

-         Mengkaji pentingnya latihan dan pembinaan perilaku kerja prestatif

-         Mendiskusikan kesiapan SDM Indonesia di era globalisasi

-         Mengidentifikasi cara-cara latihan kerja prestatif

-         Mendiskusikan motivasi dalam bekerja sebagai aktualisasi diri

  1. Kegiatan akhir

-         Mengadakan evaluasi tentang bentuk perilaku kerja prestatif

 

V.     Sumber Belajar

1.      Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan Kelas X, Solo : CV Seti-Aji.

2.      Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk Kelas x semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico

3.      Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan

4.      Laporan kinerja siswa yang dihasilkan

5.      Buku referensi yang relevan

 

VI.  Penilaian

-         Bentuk : tes tertulis

-         Bnetuk instrument : essay dan pilihan ganda

A.     Soal KD 1.2

Essay

1.      Sebutkan 5 karakteristik wirausahawan menurut Zimmerer!

2.      Berikan contoh bentuk-bentuk kerja prestatif, masing-masing satu!

3.      Jelaskan teori kebutuhan menurut Maslow!

4.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan semangat kerja/motivasi kerja!

5.      Apakah manfaat latihan bagi pembinaan perilaku kerja prestatif?

 

Pilihan Ganda

1.      Orang yang selalu berambisi ingin maju, disebut perilaku kerja …..

a.       Prestatif

b.      Komitmen tinggi

c.       Kreatif

d.      Inovatif

e.       Ambisius

2.      Empat sisi potensial manusia seperti self awareness, conscience, independent will dan creative imagination dikemukakan oleh …..

a.       Robbin

b.      Wasty Sumanto

c.       Stephen Covey

d.      Maslow

e.       Zimmerer

3.      Energik, inisiatif, kemampuan mengambil resiko dan suka tantangan merupakan bagian dari profil wirausahawan yang memiliki ciri-ciri prestatif, yaitu …..

a.       mandiri

b.      berorientasi kecil

c.       berorientasi ke masa depan

d.      kepemimpinan

e.       pengambil resiko

4.      Apprentice Training artinya …..

a.       mendapatkan pekerjaan baru

b.      mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya

c.       kesempatan kerja

d.      kepercayaan bekerja

e.       latihan kerja

 

5.      Dilligence, integrity, carefulness, dedication merupakan bagian dari ciri sikap …..

a.       bekerja prestasi

b.      bekerja baik

c.       bekerja tekun

d.      bekerja cerdas

e.       bekerja tuntas

 

B.     Kunci Jawaban

Essay

1.      –     memiliki komitmen tinggi

-         mau bertanggung jawab

-         mempunyai obsesi prestasi tinggi

-         toleransi untuk mencapai kebimbangan dan ketidakpastian

-         yakin pada dirinya sendiri

-         kreatif dan fleksibel

2.      – kerja ikhlas à seorang pegawai bekerja dengan ikhlas walau gajinya kecil

-  kerja cerdas à seorang insinyur mengerjakan pekerjaan membuat rumah dengan hitungan yang tepat

- kerja tuntas à seorang wirausaha merencanakan dan menjalankan usaha dengan baik dan mendapat hasil kerja yang maksimal

- kerja keras à seorang pedagang sayuran berangkat malam hari dan pulang tanpa mempedulikan cuaca

- kerja mawas diri terhadap emosional à seorang guru yang ….

3.      – kebutuhan fisiologi à kebutuhan dasar manusia seperti makan, minum, istirahat, dll

- kebutuhan rasa aman, bebas dari ancaman fisik dan psikis

- kebutuhan akan penghargaan à penghargaan akan kemampuan

- kebutuhan aktualiasasi diri à mengembangkan potensi semaksimal mungkin

4.      Motivasi kerja adalah dorongan untuk melakukan pekerjaan untuk menghasilkan prestasi yang lebih baik

5.      a. meningkatkan kemampuan bekerja prestatif

b. mengembangkan ilmu pengetahuan

c. mengembangkan rasa kesetiakawanan

d. mengambangkan daya kreatifitas

e. mengurangi pengawasan pekerjaan

 

Pilihan Ganda

1.      A

2.      C

3.      E

4.      B

5.      B

 

Pedoman Penilaian

Essay à no 1 = 5, no 2 = 20, no 3 = 10, no 4 = 5, no 5 = 5

Pilihan ganda à no 1-5, setiap soal berbobot 1

Jumlah skor : essay = 45

 

 

 

Purwotengah,

Mengetahui,

Kepala sekolah                                                                  Guru Pengajar

 

Drs. Sarmuji                                                                      M.Zainudin. S. Pd

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama Sekolah                 :  SMK PLUS ARRAHMAH

Mata Pelajaran                :  Kewirausahaan

Kelas/Semester               :  X / I

Standar Kompetensi        :  Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar           :  1.3 Merumuskan solusi masalah

Indikator                         :  1.   Menyadari dan memahami masalah

2.   Menunjukkan penyebab terjadinya masalah

3.   Menjelaskan teknik-teknik pemecahan masalah baik individu maupun kelompok

4.   Mengolah informasi

5.   Menentukan alternative yang dipilih dan solusi masalah dengan cermat dan teliti

6.   Mengadakan kerjasama dengan teman sebaya

Alokasi Waktu                :  8 x 45’

 

I.       Tujuan Pembelajaran

Setelah siswa mengalami proses pembelajaran, siswa mampu :

1.      Menyadari dan memahami masalah dengan baik

2.      Menunjukkan penyebab terjadinya masalah

3.      Menjelaskan teknik-teknik pemecahan masalah, baik individu atau kelompok dengan baik dan benar

4.      Mengolah informasi dengan benar

5.      Menganalisis alternatif-alternatif solusi masalah dengan cermat dan teliti dengan baik

6.      Mengadakan kerjasama dengan teman sebaya dengan baik

 

II.    Materi Ajar

1.      Pengertian, ciri-ciri dan jenis masalah

2.      Teknik-teknik pemecahan masalah

3.      Identifikasi masalah dan penyebab masalah

4.      Sumber-sumber informasi

5.      Mencari dan menentukan alternative pemecahan masalah

6.      Pertimbangan dalam merumuskan masalah

7.      Dampak dari pengambilan keputusan

 

III. Metode Pembelajaran

1.      Ceramah bervariasi

2.      Diskusi

3.      Pemberian tugas

 

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-1 dan ke-2

1.      Kegiatan awal

-         Salam dan presensi

-         Tanya jawab

-         siswa mempelajari materi sesuai kompetensi

2.      Kegiatan inti

-         Menganalisis pengertian, ciri, dan jenis-jenis masalah

-         Mengkaji dari berbagai sumber tentang masalah sehingga dapat membedakan masalah dan bukan masalah

-         Mengidentifikasikan masalah dan penyebab terjadinya masalah

-         Mendiskusikan perbedaan-perbedaan yang ada dalam mengatasi masalah

3.      Kegiatan akhir

-         Menanggapi masalah yang dibuat siswa (penugasan)

 

Pertemuan ke-3 dan ke-4

  1. Kegiatan awal

-         Salam dan presensi

-         Tanya jawab

-         Siswa mempelajari materi yang sesuai

  1. Kegiatan inti

-         Menjelaskan teknik-teknik pemecahan masalah

-         Mengkaji sumber informasi di lapangan

-         Mengkaji alternatif-alternatif pemecahan masalah

-         Mendiskusikan alternative yang dipilih dalam solusi masalah dengan cermat dan teliti

-         Penugasan

  1. Kegiatan akhir

-         Membahas dan mengevaluasi tugas yang telah dibuat

 

V.     Sumber Belajar

1.      Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan Kelas X, Solo : CV Seti-Aji.

2.      Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk Kelas x semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico

3.      Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan

4.      Laporan kinerja siswa yang dihasilkan

5.      Buku referensi yang relevan

 

VI.  Penilaian

-         Teknik : tes tertulis

-         Bentuk instrument : essay dan menjodohkan

A.     Soal KD 1.3

Menjodohkan

1.      hambatan-hambatan dalam mencapai tujuan disebut …..

2.      Kesulitan dalam belajar bahasa Inggris termasuk …..

3.      Turunnya omset penjualan termasuk …..

4.      Curah pendapat sama istilahnya dengan …..

5.      Transformasi permasalahan merupakan metode …..

A.     masalah individu

B.     Brain Stroming

C.     Pengertian masalah

D.     Synectic

E.      Masalah organisasi

Essay

1.      Jelaskan jenis-jenis masalah!

2.      Sebutkan 5 langkah pemikiran ilmiah dalam pemecahan masalah!

3.      Sebutkan sumber-sumber informasi sekunder!

4.      Apakah manfaat dari pengambilan keputusan selalu ada keraguan dan ketidak setujuan?

5.      Sebutkan 5 ciri masalah menurut Dewey!

 

B.     Kunci Jawaban

Menjodohkan

1.      C

2.      A

3.      E

4.      B

5.      D

 

Essay

1.      – Masalah individu à masalah yang dihadapi oleh diri individu

- Masalah organisasi à masalah yang dihadapi organisais baik organisasi profit maupun non profit

- Masalah social/masyarakat à masalah yang ada di masyarakat sebagai akibat aktivitas masyarakat itu sendiri

2.      – merumuskan tujuan

- merumuskan permasalahan

-   menghimpun fakta-fakta

-   mengolah fakta-fakta

-   memilih alternative yang tepat

-   meyakini suatu gagasan

3.      – KADIN

-   media massa

-   biro statistic

-   pemerintah

-   catatan intern perusahaan

4.      a. merangsang daya imajinasi dan kreatifitas

b. Penerimaan bersama dalam keputusan

c. memperkaya alternative untuk melahirkan keputusan yang mantap

5.      a. Merasa bimbang, bingung dan kesulitan

b. Merumuskan masalah yang ingin dipecahkan

c. Menguji hipotesis dengan mengumpulkan data

d. Mengembangkan ide untuk memperoleh pemecahan masalah yang terbaik

e. Mengambil kesimpulan yang didukung oleh fakta

 

C.     Penilaian

menjodohkan : no 1-5, setiap soal berbobot 1

essay : no 1= 10, no 2 = 5, no 3 = 5, no 4 = 10, n0 5 = 5

nilai akhir = skor maksimal x 100

4

 

Purwotengah,

Mengetahui,

Kepala sekolah                                                             Guru Pengajar

Drs. Sarmuji                                                                 M. Zainudin. S. Pd

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama Sekolah                 :  SMK PLUS ARRAHMAH

Mata Pelajaran                :  Kewirausahaan

Kelas/Semester               :  X / I

Standar Kompetensi        :  Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar           :  1.4 Mengembangkan semangat berwirausaha

Indikator                         :  1.   Menjelaskan pengertian semangat berwirausaha

2.   Mengidentifikasi pentingnya semangat berwirausaha

3.   Mengidentifikasi cara meningkatkan semangat kerja wirausaha

4.   Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat wirausaha

5.   Menciptakan semangat kreatifitas, inovasi dan motivasi

Alokasi Waktu                :  6 x 45’

 

I.       Tujuan Pembelajaran

Setelah siswa mengkaji berbagai sumber tentang semangat berwirausaha, siswa mampu :

1.      Menjelaskan pengertian semangat berwirausaha dengan baik

2.      Mengidentifikasi pentingnya semangat berwirausaha dengan benar

3.      memahami prinsip kerja efisien dan efektif dengan baik

4.      Menerapkan pengertian kreatifitas, inovasi dan motivasi dengan baik

5.      Menyebutkan faktor-faktor yang memepengaruhi semangat wirausaha dengan benar

6.      Mengidentifikasi sebab-sebab tidak memiliki semangat kerja dengan benar

 

II.    Materi Ajar

1.      Pengertian semangat kerja

2.      Inovatif

3.      Kreatif

4.      Motivasi

5.      Sikap bekerja efektif dan efisien

6.      Cara meningkatkan semangat kerja dan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja

 

III. Metode Pembelajaran

1.      Ceramah bervariasi

2.      Diskusi

3.      Penugasan/Menjawab angket

 

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-1

1.      Kegiatan awal

-         salam dan presensi

-         Tanya jawab

2.      Kegiatan inti

-         menjelaskan pengertian semangat berwirausaha

-         menjelaskan pengertian inovatif, kreativitas, motivasi dan manfaat masing-masing

-         mendiskusikan perbedaan bekerja berdasarkan semangat berwirausaha dengan yang tidak

3.      Kegiatan akhir

-     pembahasan hasil diskusi dan informasi untuk pertemuan berikutnya

 

Pertemuan ke-2

  1. Kegiatan awal

-         salam dan presensi

-         tes secara lisan

  1. Kegiatan inti

-         Mengidentifiksi cara meningkatkan semangat kerja wirausaha

-         Menjelaskan faktor-faktor yang memepengaruhi semangat wirausaha

-         Menjelaskan perilaku kerja efisien dan efektif

-         Penugasan : membuat makalah tentang cara-cara semangat kerja dan berjiwa mandiri

  1. Kegiatan akhir

-         kesimpulan : mempresentasikan makalah

 

Pertemuan ke-3

1.      Kegiatan awal

-         salam dan presensi

-         tes secara lisan

2.      Kegiatan inti

-         menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat wirausaha

-         Mendiskusikan makalah tentang semangat kerja dan berjiwa mandiri

3.      Kegiatan akhir

-         membahas diskusi dan membuat kesimpulan hasil diskusi

 

V.     Sumber Belajar

1.      Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan Kelas X, Solo : CV Seti-Aji.

2.      Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk Kelas x semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico

3.      Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan

4.      Laporan kinerja siswa yang dihasilkan

5.      Buku referensi yang relevan

 

VI.  Penilaian

-         Bentuk : tes tertulis

-         Bnetuk instrument : essay

A.     Soal KD 1.4

Essay

1.      Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang semangat wirausaha?

2.      Sebutkan 5 ciri manusia kreatif menurut A. Roe!

3.      Apakah yang dimaksud dengan

a.             Kreatif

b.            Inovatif

4.      Bagaimanakah cara menanamkan kreatifitas pada setiap individu?

5.      Buatlah 2 contoh kegiatan siswa SMK yang mencerminkan kreatifitas!

6.      Sebutkan 5 cara meningkatkan semangat kerja!

7.      Berikan 5 alasan mengapa semangat kerja itu penting bagi wirausaha!

 

B.     Kunci Jawaban

1.      Semangat wirausaha à sikap kejiwaan yang dimiliki oleh wirausaha untuk bekerja giat dengan mencurahkan segala macam kemampuannya sehingga dapat menjalankan dan mencapai tujuan usaha secara optimal

2.      –     keterbukaan pada pengalaman

-         keingintahuan

-         menerima dan menyesuaikan yang kelihatan berlawanan

-         dapat menerima perbedaan

-         melihat sesuatu dengan cara yang tidak biasa

-         independent dalam pertimbangan, pemikiran dan tindakan

-         percaya pada diri sendiri

-         tekun

-         mau mengambil resiko yang telah diperhitungkan

3.      – kreatif à kemampuan membuat kombinasi baru atau melihat hubungan-hubungan baru antara variabel data dan unsur yang sudah ada sebelumnya

-   efisiensi kerja à segala sesuatu yang dapat dikerjakan dengan berdaya guna atau segala sesuatu yang dapat diselesaikan dengan tepat, cepat, hemat, dan selamat

 

4.      – menggunakan akal sehat

-   menghapus perasaan keragu-raguan

-   mengenali lingkungan

-   mengembangkan perspektif fungsional

5.      – Para siswa SMK membuat sepatu roda, yaotu gabungan sepatu dan roda

-   Seorang siswa SMK membuat piramida, gedung, mobil-mobilan, dll dari batang korek api

6.      – menerapkan kreatifitas dan inovasi

-   berjiwa mandiri

-   bekerja secara efektif dan efisien

-   Selalu ingin maju

-   Inovasi

7.      – Pekerjaan lebih cepat diselesaikan

- Kerusakan dapat dikurangi

- Tercapai efisiensi kerja

- Tercapai produktifitas kerja yang tinggi

- Lebih cepat mencapai kemajuan usaha

 

C.     Pedoman Penilaian

No 1 = 5, no 2 = 5, no 3 = 10, no 4 = 10, no 5 = 10, no 6 = 5, no 7 = 5

Jumlah skor x 10

5

 

 

Mengetahui,                                                                              Purwotengah,

Kepala sekolah                                                                         Guru Pengajar

Drs. Sarmuji                                                                             M. Zainudin. S. Pd

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama Sekolah                 :  SMK PLUS ARRAHMAH

Mata Pelajaran                :  Kewirausahaan

Kelas/Semester               :  X / I

Standar Kompetensi        :  Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar           :  1.5 Membangun komitmen tinggi bagi dirinya dan orang lain

Indikator                         :  1.   Menjelaskan pengertian komitmen tinggi

2.   Menyebutkan faktor-faktor komitmen tinggi

3.   Menerapkan perilaku tepat waktu

4.   Menerapkan perilaku tepat janji

5.   Menunjukkan sikap kepedulian terhadap mutu hasil kerja

6.   Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri

7.   Mengidentifikasi pentingnya wirausaha yang berkomitmen tinggi

Alokasi Waktu                :  6 x 45’

 

I.       Tujuan Pembelajaran

Setelah siswa mengkaji dari berbagai sumber tentang komitmen tinggi, siswa mampu :

1.      Menjelaskan pengertian komitmen tinggi dengan benar

2.      Menyebutkan factor-faktor komitmen tinggi dengan baik

3.      Menerapkan perilaku tepat waktu dalam kehidupan sekolah dengan benar

4.      Menerapkan perilaku tepat janji dalam kehidupan sekolah dengan baik

5.      Menunjukkan sikap kepedulian terhadap mutu hasil kerja dengan benar

6.      Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri dengan baik

7.      Mengidentifikasi pentingnya wirausaha yang berkomitmen tinggi dengan benar

 

II.    Materi Ajar

1.      Pengertian komitmen tinggi

2.      Faktor-faktor komitmen tinggi

3.      Penerapan perilaku tepat waktu, tepat janji, sikap peduli terhadap mutu hasil kerja dan pengendalian diri

4.      Pentingnya komitmen tinggi bagi dirinya dan orang lain

5.      Pengertian dan tujuan disiplin

 

III. Metode Pembelajaran

1.      Ceramah bervariasi

2.      Tanya jawab

3.      Diskusi

 

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-1

1.      Kegiatan awal

-         Salam dan presensi

-         Tanya jawab

2.      Kegiatan inti

-         Mengkaji pengertian komitmen tinggi

-         Mengidentifikasi faktor-faktor komitmen tinggi

-         Mengidentifikasi pentingnya wirausaha yang berkomitmen tinggi

-         Mendiskusikan “Bagaimana seseorang melakukan komitmen tinggi”

3.      Kegiatan akhir

–    Kesimpulan : membahas apa yang telah didiskusikan oleh siswa

 

Pertemuan ke-2

  1. Kegiatan awal

-         Salam dan presensi

-         Tes lisan

  1. Kegiatan inti

-         Menjelaskan pengertian tepat waktu, tepat janji, sikap peduli terhadap mutu hasil kerja dan pengendalian diri

-         Mendiskusikan penerapan perilaku tepat waktu dan tepat janji

-         Penugasan membuat laporan yang berkaitan dengan kemandirian kerja

  1. Kegiatan akhir

–    Membahas laporan siswa

 

Pertemuan ke-3

  1. Kegiatan awal

-         Salam dan presensi

-         Tanya jawab

  1. Kegiatan inti

-         Mendiskusikan penerapan perilaku pengendalian diri dan sikap kepedulian terhadap mutu hasil kerja

-         Menjelaskan pengertian disiplin

-         Menjelaskan tujuan disiplin

-         Penugasan : Mengerjakan soal-soal

  1. Kegiatan akhir

–        Kesimpulan

 

V.     Sumber belajar

1.      Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan Kelas X, Solo : CV Seti-Aji.

2.      Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk Kelas x semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico

3.      Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan

4.      Laporan kinerja siswa yang dihasilkan

5.      Buku referensi yang relevan

 

VI.  Penilaian

-         teknik : tes tertulis

-         bentuk instrument : essay

 

 

 

1.      Soal KD 1.5

Essay

1.      Apa yang dimaksud dengan komitmen tinggi?

2.      Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen tinggi!

3.      Bagaimanakah wirausaha yang sukses dalam memahami waktu?

4.      Berikan contoh perilaku tepat waktu dan tepat janji di sekolah! (masing-masing 2)

5.      Dalam perilaku kepedulian terhadap mutu hasil kerja, elemen-elemen apa sajakah yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha yang memiliki perilaku tersebut?

6.      Apa yang dimaksud denagn disiplin?

7.      Mengapa disiplin penting di belajar, bekerja dan berkarya?

8.      Mengapa seorang wirausaha penting mempunyai komitmen tinggi dalam usahanya?

9.      Bagaimanakah menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri?

10.  Berikan 5 contoh positif seorang wirausaha yang bisa dijadikan suri tauladan di masyarakat!

 

2.      Kunci Jawaban

1.      Komitmen tinggi à fokus pikiran yang dierahkan pada tugas dan usahanya dengan selalu berupaya memperoleh hasil yang maksimal

2.      a.   konsisten, adil, dan tegas

b.      Suri tauladan

c.       Mercusuar

d.      Konsentrasi pada manusia

3.      – Tepat waktu adalah organisasi

-   Tepat waktu adalah kekuasaan

-   Tepat waktu adalah nilai uang

-   Tepat waktu adalah ukuran

4.      Tepat waktu contohnya :

-         Jangan suka menunda-nunda tugas sekolah

-         Manfaatkanlah budaya kehadiran tepat waktu yang lebih produktif

Tepat janji contohnya :

-         Membiasakan mendidik diri sendiri dalam belajar dan jangan berbohong

-         Meningkatkan disiplin diri sendiri untuk membiasakan budaya tepat janji

5.      – Informasi mutu harus digunakan untuk perbaikan, bukan untuk mengawasi orang

- Imbal jasa harus sepadan dengan nilai pekerjaan

- Warga perusahaan harus memiliki perusahaan

- Kewenangannya harus sebatas tanggung jawab

- Kolaborasi, sinergi, bukan kompetensi harus merupakan basis kerjasama

- Warga perusahaan merasa aman dan senang terhadap pekerjaannya

- Rasa keadilan harus ditanamkan

6.      Disiplin à usaha untuk mengatur atau mengontrol kelakuan seseorang untuk mencapai tujuan, dengan adanya bentuk kelakuan yang harus dicapai, dilarang atau diharuskan

7.      – menciptakan iklim belajar, bekerja dan berkarya yang menyenangkan

-   meningkatkan prestasi bejar, bekerja dan berkarya

-   adanya hormat menghormati semua pihak

-   konsep didiplin dapat diterima semua pihak

8.      – dapat mempergunakan sumber daya secara lebih efisien

-   meningkatkan kesuksesan

-   meningkatkan rasa kepercayaan

-   bias mendapatkan hasil maksimal dengan sumber daya maksimal

-   meningkatkan etos kerja

9.      – ketahanan

-   keuletan

-   disiplin

10.  – bermoral dan berakhlak mulia

-   sopan santun

-   tolong menolong

-   tenggang rasa

-   berbusana yang baik

-   berbicara yang baik

 

C.  Pedoman Penilaian

No 1 = 5, no 2 = 5, no 3 = 5, no 4 = 10, no 5 = 10, no 6 = 6, no 7 = 10, no 8 = 10, no 9 = 5, dan no 10 = 5

Skor maksimal x 100

7

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                           Purwotengah,

Kepala sekolah                                                                      Guru Pengajar

 

 

Drs. Sarmuji                                                                           M. Zainudin. S. Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama Sekolah                 :  SMK PLUS ARRAHMAH

Mata Pelajaran                :  Kewirausahaan

Kelas/Semester               :  X / I

Standar Kompetensi        :  Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar           :  1.6 Mengambil resiko usaha

Indikator                         :  1.   Merumuskan pengertian resiko usaha

2.   Mengidentifikasi macam-macam resiko usaha

3.   Menyebutkan cara menanggulangi resiko usaha

4.   Membedakan pengambilan resiko usaha pada tingkat manajemen

5.   Menunjukkan cara mengevaluasi resiko usaha

Alokasi Waktu                :  8 x 45’

 

I.       Tujuan Pembelajaran

Setelah siswa mengalami proses pembelajaran, siswa mampu :

1.    Merumuskan pengertian resiko usaha dengan benar

2.    Menyebutkan macam-macam resiko usaha dengan benar

3.    Menyebutkan cara-cara menanggulangi resiko usaha dengan baik

4.    Mengidentifikasi pengembilan resiko pada tingkatan manajemen dengan baik

5.    Mengenali resiko usaha dengan benar

6.    Menunjukkan cara mengevaluasi resiko usaha dengan benar

 

II.    Materi Ajar

1.      Pengertian resiko usaha

2.      Macam-macam resiko usaha

3.      Unsur-unsur resiko usaha

4.      Manfaat resiko usaha

5.      Tujuan resiko usaha

6.      Manajemen resiko usaha

7.      Evaluasi resiko usaha

 

III. Metode Pembelajaran

1.      Ceramah bervariasi

2.      Diskusi

 

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-1

1.      Kegiatan awal

-         Salam dan presensi

-         Appersepsi materi

2.      Kegiatan inti

–    mengkaji pengertian resiko usaha

-         menujukkan macam-macam resiko usaha

-         penugasan membuat laporan mengenai resiko usaha dan mengadakan interview kepada wirausaha yang ada di sekitar sekolah

3.      Kegiatan akhir

-         menanggapi dan membahas laporan yang telah dibuat siswa

 

Pertemuan ke-2 dan ke-3

  1. Kegiatan awal

-         salam dan presensi

-         tes lisan

  1. Kegiatan inti

-         menjelaskan jenis-jenis resiko usaha

-         menjelaskan manfaat resiko usaha

-         mendiskusikan cara menanggulangi resiko usaha

-         penugasan mencari contoh dalam kegiatan usaha yang ada di sekitar tempat tinggal mengenai manfaat resiko usaha

-         menjelaskan tujuan diadakannya solusi usaha

-

  1. Kegiatan akhir

–    membahas dan mengevaluasi tugas yang diberikan

 

Pertemuan ke-4

  1. Kegiatan awal

-         Salam dan presensi

-         Tes lisan

  1. Kegiatan inti

-         Mengkaji perbedaan pengambilan resiko pada tingkatan manajemen

-         Menganalisis cara mengevaluasi resiko usaha

  1. Kegiatan akhir

-         Mengevaluasi masalah-maslah yang dihadapi siswa

 

V.     Sumber Belajar

1.Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan Kelas X, Solo : CV Seti-Aji.

2.Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk Kelas x semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico

3.Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan

4.Laporan kinerja siswa yang dihasilkan

5.Buku referensi yang relevan

 

 

VI.  Penilaian

-         teknik : tes tertulis

-         instrument penilaian : Essay

1.      Soal KD 1.6

1.      Tuliskan 2 pengertian resiko usaha!

2.      Jelaskan macam-macam resiko usaha!

3.      Sebutkan cara-cara menanggulangi resiko usaha!

4.      Sebutkan prosedur menganalisis resiko!

5.      Apa yang menyebabkan resiko usaha berdasarkan sumbernya?

6.      Apa yang dimaksud

a.       resiko alam

b.      situasi resiko

c.       resiko kredit

d.      resiko pasar

 

2.      Kunci Jawaban

1.      a.   Resiko à suatu variasi dari hasil-hasil yang dapat terjadi selama periode tertentu

b.   Resiko à ketidaktentuan yang mungkin melahirkan peristiwa kerugian

2. a. Resiko murni à resiko yang terjadi pasti akan menimbulkan kerugian dan terjadinya tanpa sengaja. Misal : kebakaran, bencana alam, pencurian, dll.

b. Resiko spekulatif à resiko yang ditimbulkan yang bersangkutan agar memberikan keuntungan bagi pihak tertentu. Misal : utang piutang

c. Resiko fundamental à resiko yang penyebabnya tidak dapat dilimpahkan kepada sesorang dan menderita cukup banyak. Misal : banjir, angina topan, kapal karam, dll

3.   a. Mengadakan pencegahan dan pengurangan terhadap kemungkinan terjadinya peristiwa yang menimbulkan kerugian

b. Melakukan retensi yakni mentolerir terjadinya kerugian

c. Melakukan pengendalian resiko

d. Mengalihkan resiko kepada pihak lain (asuransi)

4.   a. tujuan dan sasaran usaha

b. meneliti alternative resiko

c. merencanakan dan melaksanakan sebuah alternative

d. taksiran resiko usaha

5.   a. resiko intern à resiko yang berasal dari dalam perusahaan itu sendiri, seperti kerusakan aktiva karena kesalahan karyawan, kecelakaan kerja, dll.

b. resiko ekstern à resiko yang berasal dari luar perusahaan, seperti pencurian, persaingan, fluktuasi harga, dll

6.   a. resiko alam à resiko terjadi diluar pengetahuan manusia, seperti gempa bumi, banjir, angina puyuh, dan kemarau panjang

b. situasi resiko à situasi dimana kita dihadapkan pada dua pilihan atau lebih dan tidak dapat mengetahui hasil yang akan diperoleh dari setiap alternative pilihan yang ada

c. resiko kredit à resiko yang ditanggung kreditor akibat debitor tidak membayar pinjaman sesuai waktu yang telah disepakati

d. resiko pasar à resiko ini terjadi akibat produk yang dihasilkan kurang laku atau tidak laku di pasar

 

3.      Pedoman Penilaian

No 1 = 10, no 2 = 15, no 3 = 10, no 4 = 5, no 5 = 10, no 6 = 20

Jumlah skor x 100

6

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                  Purwotengah,

Kepala sekolah                                                             Guru Pengajar

Drs. Sarmuji                                                                 M. Zainudin. S. Pd

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama Sekolah                 :  SMK PLUS ARRAHMAH

Mata Pelajaran                :  Kewirausahaan

Kelas/Semester               :  X / I

Standar Kompetensi        :  Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar           :  1.7 Membuat keputusan

Indikator                         :  1.   Menjelaskan pengertian keputusan

2.   Mengidentifikasi jenis-jenis keputusan

3.   Menjelaskan proses pengambilan keputusan

4.   Menjelaskan resiko pembuatan keputusan

5.   Membuat keputusan dengan mempertimbangkan beberapa resiko usaha

Alokasi Waktu                :  8 x 45’

 

I.       Tujuan Pembelajaran

Setelah siswa mengalami proses pembelajaran, siswa mampu :

1.      Menjelaskan pengertian keputusan dengan benar

2.      Menyebutkan jenis-jenis keputusan dengan baik

3.      Menjelaskan proses pengambilan keputusan dengan baik dan benar

4.      Menyebutkan aspek-aspek pengambilan keputusan denagn benar

5.      Menyebutkan pedoman dalam pengambilan keputusan dengan benar

6.      Menjelaskan dasar dan teknik untuk membuat keputusan

7.      Membuat keputusan dengan mempertimbangkan beberapa resiko usaha dengan benar

8.      Menjelaskan resiko pembuatan keputusan dengan benar

 

II.    Materi Ajar

1.      Pengertian keputusan

2.      Jenis-jenis keputusan usaha

3.      Proses pengambilan keputusan

4.      Aspek-aspek pengambilan keputusan

5.      Pedoman dalam pengambilan keputusan

6.      Dasar dan teknik pengambilan keputusan

7.      Resiko pembuatan keputusan

 

III. Metode Pembelajaran

1.      Ceramah diskusi

2.      Tanya jawab

3.      Diskusi

 

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-1 dan ke-2

1.      Kegiatan awal

-         Salam dan presensi

-         Appersepsi materi

2.      Kegiatan inti

-         mengkaji pengertian keputusan

-         membahas jenis-jenis keputusan usaha

-         menjelaskan proses pengambilan keputusan

-         mendiskusikan aspek-aspek pengambilan keputusan

-         membahas pedoman dalam pengambilan keputusan

3.      Kegiatan akhir

-         kesimpulan dalam proses pengambilan keputusan

 

Pertemuan ke-3 dan ke-4

  1. Kegiatan awal

-         salam dan presensi

-         Tanya jawab

  1. Kegiatan inti

-         menjelaskan pembuatan keputusan dengan mempertimbangkan beberapa resiko

-         menjelaskan dasar dan teknik pembuatan keputusan

-         menjelaskan factor yang mempengaruhi pembuatan keputusan

-         menjelaskan resiko pembuatan keputusan

  1. Kegiatan akhir

-         evaluasi

 

V.     Sumber Belajar

1.      Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan Kelas X, Solo : CV Seti-Aji.

2.      Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk Kelas x semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico

3.      Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan

4.      Laporan kinerja siswa yang dihasilkan

5.      Buku referensi yang relevan

 

VI.  Penilaian

-         teknik : tertulis

-         bentuk tes : essay

A.     Soal KD 1.7

Essay

1.      Apa yang dimaksud denagn pengambilan keputusan?

2.      Sebutkan jenis pengambilan keputusan usaha masing-masing 3!

3.      Jelaskan proses pengambilan keputusan!

4.      Sebutkan aspek-aspek pengambilan keputusan!

5.      Sebutkan pedoman dalam pengambilan keputusan!

6.      Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan?

7.      Jelaskan dasar dan teknik pembuatan keputusan!

8.      Kondisi-kondisi apa sajakah yang dihadapi oleh seorang wirausaha?

9.      Jelaskan teori pengambilan keputusan yang kamu ketahui!

 

 

B.     Kunci Jawaban

1.      Keputusan à sesuatu pilihan yang diambil diantara sati atau lebih pilihan yang tersedia

2.      a.   keputusan produksi

-         metode produksi

-         inspeksi supervise

-         luasnya perusahaan

b.   keputusan penjualan

-     riset pemasaran

-     jenis dan luasnya reklame

-     penggunaan merk dagang

c.   keputusan permodalan

-     likuidasi

-     pembayaran deviden

-     syarat-syarat kredit

d.   keputusan kepegawaian

-     sumber tenaga kerja

-     analisis pekerjaan dan evaluasi

-     rencana mengenai pension

3.      a.   identifikasi masalah à kenali masalah terlebih dahulu

b.   mencari alternative pemecahan à mencari alternative yang banyak

c. memilih alternative à memilih alternative yang bermanfaat dalam pemecahan masalah

d.   pelaksanaan alternative à setelah alternative dipilih, baru dilaksanakan dalam tindakan

e.   evaluasi à pelaksanaan alternative diamati apakah sesuai yang diharapkan

4.      a.   aspek lingkungan wirausahawan

b.   pembuat keputusan

c.   orientasi dalam mengambil keputusan

d.   tujuan yang ahrus dicapai

e.   alternative yang relevan

f.    peringkat alternative

5.   a.   tentukan fakta-fakta dari persoalan yang sudah dikenal

b.   identifikasi bidang mana dari persoalan-persoalan yang tidak berdasarkan fakta

c.   keberanian dan antusiasme sangat diperlukan dalam menerapkan sebuah keputusan

d.   bersedia untuk mengambil tindakan agresif dalam menerapkan sebuah keputusan

e.   ambillah resiko yang sedang ada

f.    dalam keadaan tertentu, mungkin lebih baik untuk meneruskan sesuatu yang telah berhasil di masa lampau

g. jauhilah keputusan-keputusan yang akan mengubah secara drastic susunan organisasi yang sekarang

h.   keputusan perlu diuji cobakan

6.   a. factor orang/pembuat keputusan

b. factor sasaran

c. factor tujuan

d. factor psikologis

e. factor waktu

f. factor pelaksanaan

7.   a. instuisi à perasaan si pembuat keputusan

b. fakta à fakta-fakta yang berdasarkan kenyataan

c. pengalaman à belajar/melihat kejadian di masa lalu

d. keterampilan à dalam hal memimpin diri sendiri

8.   a. kondisi kepastian sepenuhnya

b. kondisi ketidakpastian

c. kondisi resiko

9.   a. teori probabilitas à menunjukkan besarnya kemungkinan terjadinya suatu tujuan yang dirumuskan dengan EV = I x P

b. teori pohon keputusan à bagian dari tiap-tiap keputusan yang diambil oleh wirausaha dan digambarkan dalam pohon keputusan

 

C.     Pedoman Penilaian

No 1 = 5, no 2 = 20, no 3 = 20, no 4 = 5, no 5 = 10, no 6 = 5, no 7 = 10, no 8 = 5, no 9 = 10

Jumlah skor maksimal x 100

9

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                  Purwotengah,

Kepala sekolah                                                             Guru Pengajar

Drs. Sarmuji                                                                 M. Zainudin, S. Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                             :    SMK PLUS ARRAHMAH  

Mata Pelajaran                :     Kewirausahaan         

Kelas/Semester                :     X/2

Standar Kompetensi        :     Menerapkan Jiwa Kepemimpinan

Kompetensi Dasar           :     Sikap pantang menyerah dan Ulet

Idikator                                                                          

1.      Menjelaskan pengertian jiwa kepemimpinan

2.      Menjelaskan karakteristik kepemimpinan interpreneur

3.      Menjelaskan sikap pantang menyerah dan ulet

4.      Menerapkan sikap-sikap kritis untuk berperilaku pantang menyerah dan ulet di sekolah

5.      Menerapkan perilaku /mampu bergaul dengan orang lain

6.      Menjelaskan tipe-tipe kepemimpinan

7.      menjelaskan  tugas, fungsi dan tanggungjawab pemimpin

8.      Menjelaskan cara mengembangkan sikap dan perilaku pemimpin

9.      Mejelaskan cara memimpin dan memotivasi orang lain

 

Alokasi Waktu                 : 14 x 45 Menit ( 7 pertemuan)                   

1    Tujuan Pembelajaran    :

1)      Siswa dapat menjelaskan pengertian jiwa kepemimpinan

2)      Siswa dapat menjelaskan karakteristik kepemimpinan interpreneur

3)      Siswa dapat menjelasakan sikap pantang menyerah dan ulet

4)      Siswa dapat menjelaskan bagaimana menerapkan sikap-sikap kritis untuk berperilaku pantang menyerah dan ulet di sekolah

5)      Siswa dapat menerapkan perilaku/mampu bergaul dengan orang lain

6)      Siswa dapat menjelaskan tipe-tipe kepemimpinan

7)      Siswa dapat menujelaskan tugas, fungsi dan tanggung jawab pemimpin

8)      Siswa dapat menjelaskan sikap dan perilaku pemimpin

9)      Siswa dapat menjelaskan bagaimana memimpin dan memotivasi orang lain

2    Materi Pembelajaran     :

1.      Pengetahuan:

a)      Pengertian jiwa kepemimpinan

b)      Pentingnya jiwa kepemimpinan

c)      Pengertian pantang menyerah

d)      Berorientasi pada hasil

2.            Ketrampilan

a)      Mampu bergaul dengan orang lain ( human skill )

b)      Pantang menyerah, kerja keras, tekun, ulet, tabah

 

3.            Sikap

a)      Percaya diri, ulet, tekun

b)      Kritis

c)      Menjadi teladan

 

Metode Pembelajaran

1)            Ceramah

2)            Diskusi

3)            Pemberian tugas

4)            Tanya Jawab

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama/I

c.       Kegiatan Awal:

  • Mengucapkan salam
  • Berdoa bersama ( apabila jam awal )
  • Menanyakan kondisi siswa
  • Presensi siswa

 

  1. Kegiatan inti:
  • Menjelaskan pengertian jiwa kepemimpinan
  • Menjelaskan karakteristik kepemimpinan interpreneur

 

  1. Kegiatan Akhir:
  • Berdoa ( apabila jam akhir )
  • Mengucapkan salam

 

Pertemuan Kedua/ ke 2

c.       Kegiatan awal:

  • Mengucapkan salam
  • Berdoa bersama ( apabila jam awal )
  • Menanyakan kondisi siswa
  • Presensi
  • Pre test

 

d.      Kegiatan inti:

  • Menjelaskan sikap pantang menyerah dan ulet
  • Menjelaskan bagaimana menerapkan sikap kritis untuk berperilaku pantang menyerah dan ulet di sekolah

 

e.       Kegiatan Akhir:

  • Berdoa ( apabila jam akhir )
  • Salam penutup

 

 

Pertemuan ketiga/ ke 3

a.       Kegiatan awal

  • Mengucapkan salam
  • Berdoa bersama ( apabila jam awal )
  • Menanyakan kondisi siswa
  • Presensi

 

b.      Kegiatan inti:

  • Menjelaskan bagaimana menerapkan perilaku/ mampu bergaul dengan orang lain
  • Menjelaskan tipe-tipe kepemimpinan

 

c.       Kegiatan akhir:

  • Berdoa  ( apabila jam akhir )
  • Mengucapkan salam

 

Pertemuan keempat/ ke 4

a.   Kegiatan awal:

  • Mengucapkan salam
  • Berdoa bersama ( apabila jam awal )
  • Menanyakan kondisi siswa
  • Presensi
  • Pre test

 

c.       Kegiatan inti:

  • Menjelaskan tipe-tipe kepemimpinan
  • Menjelaskan tugas pemimpin

 

d.      Kegiatan akhir:

  • Berdoa ( apabila jam akhir )
  • Mengucapkan salam

 

Pertemuan kelima/ ke 5

a.   Kegiatan awal:

  • Mengucapkan salam
  • Berdoa bersama ( apabila jam awal )
  • Menanyakan kondisi siswa
  • Presensi

 

b.      Kegiatan inti:

  • Menjelaskan fungsi pemimpin
  • Menjelaskan tanggungjawab pemimpin

c.       Kegiatan akhir:

v     Berdoa (apabila jam akhir )

v     Mengucapkan salam

 

Pertemuan kelenam/ ke 6

a.   Kegiatan awal:

  • Mengucapkan salam
  • Berdoa bersama ( apabila jam awal )
  • Menanyakan kondisi siswa
  • Presensi
  • Pre test

 

b.      Kegiatan inti:

  • Menjelaskan bagaimana mengembangkan sikap dan perilaku pemimpin
  • Menjelaskan  cara memimpin dan memotivasi orang lain

 

c.    Kegiatan akhir:

v     Berdoa (apabila jam akhir )

v     Mengucapkan salam

 

Pertemuan ketujuh/ ke 7

a.   Kegiatan awal:

  • Mengucapkan salam
  • Berdoa bersama ( apabila jam awal )
  • Menanyakan kondisi siswa
  • Presensi
  • Pre test

 

b.      Kegiatan inti:

  • Ulangan ( tes tertulis ) pengertian  jiwa kepemimpinan
  • Ulangan ( tes tertulis ) sikap pantang menyerah dan ulet
  • Ulangan ( tes tertulis ) tipe-tipe kepemimpinan
  • Ulangan ( tes tertulis ) tugas, fungsi dan tanggung jawab pemimpin

 

c.       Kegiatan akhir:

  • Berdoa (apabila jam akhir )
  • Mengucapkan salam

 

Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

1.   Sumber Belajar

-Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan, Solo : CV SETI-AJI

-Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas x semestert 1 dan 2,         Bandung : CV ARMICO

2.      Media Pembelajaran

 

Penilaian

  • Tes tertulis
  • Tes lisan
  • Penugasan

 

Soal:

1.      Apa yang dimaksud dengan jiwa kepemimpinan? Jelaskan!

2.      Sebutkan ciri-ciri tipe kepemimpinan demokratis!

3.      Sebutkan tipe-tipe kepemimpinan menurut G.R Terry!

4.      Sebutkan tugas pemimpin!

5.      Tanggungjawab pemimpin terdiri dari dua tahap, sebutkan!

6.      Apa yang dimaksud dengan tanggungjawab social dan tanggungjawab institusional?

7.      Jelaskan beberapa karakteristik tertentu bagi seseorang, untuk menjadi interpreneur yang berhasil!

8.      Apa yang dimaksud dengan pantang menyerah dan ulet?

9.      Bagaimanakah perilaku seorang pemimpin dengan orientasi pada tugas?

10.  Bagaimana penerapan bergaul di sekolah dengan sesama siswa?

 

 

 

Kunci Jawaban:

 

1.      Jiwa kepemimpinan adalah jiwa dan watak seseorang yang mampu menggerakkan dan menumbuhkan kemampuan karyawan lewat bimbingan, arahan dan dorongan untuk bekerja sama secara efektif untuk mencapai tujuan bersama/ sasaran bersama.

2.      Tipe kepemimpinan demokratis

a)      Mengutamakan kerjasama dalam usaha mencapai tujuan

b)      Menyatukan kepentingan bersama

c)      Menerima sran, pendapat dan kritik dari bawahan

d)      Memberikan kebebasan kepada bawahannyaa

e)      Mengembangkan kapasitas diri pribadinya sebagai pemimpin

3.   Tipe-tipe pemimpin menurut G.R Terry:

a)      Kepemimpian personal

b)      Kepemimpinan non personal

c)      Kepemimpinan otoriter

d)      Kepemimpinan demokrasi

e)      Kepemimpinan kebapaan

f)        Kepemimpinan bakat

4.   Tugas pemimpin:

a)      Menyusun perencanaan

b)      Menyusun organisasi

c)      Menggerakkan orang-orang bawahannya

d)      Mengawasi dan menilai berbagai kemajuan dalam organisasi

e)      Mengambil keputusan dalam organisasi

f)        Memberikan wewenang pada bawahannya

g)      Mendidik, membimbing dan mengarahkan bawahannya

h)      Mempertanggungjawabkan  kepemimpinannya

 

5.   Tanggungjawab pemimpin terdiri dari dua tahap

a)      Kewajiban untuk menyelesaikan sesuatu tugas sehingga tercapai hasil-hasil tertentu

b)      Mempertanggunhjawabkannya pada atasan atau kepada orang yang mendelegasikan wewenang mengenai hasil yang telah dicapai

  1. Tangungjawab sosial

Seorang pemimpin bertanggungjawab kepada seluruh anggota masyarakat, tanggungjawab bersama dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Tanggungjawab institusional

Seorang pemimpin bertanggungjawab kepada pihak yang memberi wewenang, pihak atasan dengan hirarkhi organisasi

  1. Beberapa karakteristik tertentu bagi seseorang untuk menjadai interpreneur yang berhasil:
    1. Mengerti lingkungan, hal ini terutama menyangkut kreativitas seseorang
    2. Memiliki visi masa depan dan fleksibel
    3. Menciptakan berbagai pilihan artinya seorang interpreneur mempunyai peluang menciptakan hal yang baru
    4. Membentuk tim kerjasama yang terdiri dari berbagai bidang keahlian
    5. Mendorong adanya diskusi terbuka
    6. Mempertahankan pendirian
  2. Pantang menyerah:

Sikap mental yang mencerminkan krtabahan dan keteguhan serta kemampuan memotivasi diri dalam menghadapi cobaan, gangguan, kegagalan dalam melakukan usaha untuk meraih kesuksesan dan kemajuan untuk mencapai tujuan yang diimpikan

  1. Seorang pemimpin dengan orientasi pada tugas cenderung menunjukkkan:

a)      Merumuskan secara jelas peranannya sendiri maupun stafnya

b)      Menetapkan tujuan-tujuan yang sukar tetapi dapat dicapai, dan memberitahukan orang-orang apa yang diharapkan dari mereka

c)      Menentukan prosedur-prosedur untuk mengukur kemajuan menuju tujuan dan untuk mengukur pencapaian tujuan itu, yaitu tujuan yang dirumuskan secara jelas dan khas

d)      Melaksanakan peranan kepemimpinan secara aktif dalam merencanakan, mengarahkan, membimbing dan mengendalikan kegiatan yang berorientasi pada tujuan

e)      Brminat mencapai penungkatan produktivitas

  1. Penerapan bergaul di sekolah sesama siswa:

a)      Bergaul tidak pilih kasih

b)      Saling mmbantu dan tolong menolong

c)      Saling meminta maaf apabila bersalah

d)      Saling mengingatkan apabila khilaf

e)      Menghindari perkataan kotor

f)        Saling menghormati

g)      Berkata jujur

h)      Berkelakuan sopan dan ramah tamah

 

Pedoman Penilaian

Soal     nomor 1   :   10

Soal     nomor  2  :   10

Soal     nomor  3  :   10

Soal     nomor  4  :   10

Soal     nomor  5  :   10

Soal     nomor  6  :   10

Soal     nomor  7  :   10

Soal     nomor  8  :   10

Soal     nomor  9  :   10

Soal     nomor  10:   10

 

Total Nilai     :   100

 

 

Mengetahui,                                                                     Purwotengah,

Kepala Sekolah                                                               Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Drs Sarmuji                                                                     M. Zainudin S. Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                             :    SMK PLUS ARRAHMAH  

Mata Pelajaran                :     Kewirausahaan         

Kelas/Semester                :     X/2     

Standar Kompetensi        :     Menerapkan Jiwa Kepemimpinan

Kompetensi Dasar           :     Mengelola Konflik

Idikator

1.      Menjelaskan pengertian konflik

2.      Mengidentifikasikan macam-macam konflik dan perbedaanny

3.      Menjelaskan menejemen konflik

4.      Menjelaskan sebab timbulnya konflik dan akibat positif dan negatif

5.      Merumuskan penyelesaian konflik dan pengambilan keputusan

 

Alokasi Waktu                 : 12 x 45 Menit ( 6 pertemuan)                   

1    Tujuan Pembelajaran    :

1.      Siswa dapat menyebutkan pengertian macam-macam konflik

2.      Siswa dapat mengidentifikasi sebab terjadinya konflik

3.      Siswa dapat mampu membedakan macam-macam konflik

4.      Siswa dapat menyebutkan tahapan manajemen konflik

5.      Siswa dapat menyebutkan akibat positif dan negatif suatu konflik

6.      Siswa mampu bekerja sama dalam merumuskan terjadinya konflik

7.      Siswa mampu menjelaskan cara-cara penyelesaian konflik dan cara pengambilan keputusan

 

2    Materi Pembelajaran     :

1.      Pengetahuan:

a)      Pengertian konflik

b)      Sebab terjadinya konflik

c)      Dampak konflik

d)      Manajemen konflik

e)      Identifikasi konflik dan penyelesaian

2.      Ketrampilan

a)      Merumuskan pengelolaan konflik

b)      Mengambil keputusan dalam pengelolaan konflik

 

3.      Sikap

a)      Mengidentifikasi berbagai sabab konflik

b)      Berani mengambil keputusan untuk pengelolaan konflik

 

Metode Pembelajaran

4.      Ceramah

2)      Diskusi

3)      Pemberian tugas

4)      Tanya Jawab

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama/I

a.      Kegiatan Awal:

  • Mengucapkan salam
  • Berdoa bersama ( apabila jam awal )
  • Menanyakan kondisi siswa
  • Presensi siswa

 

b.      Kegiatan inti:

  • Mengidentifikasi macam –macam konflik dan cara menanggulangi konflik
  • Tipe-tipe kinflik

 

c.       Kegiatan Akhir:

  • Berdoa ( apabila jam akhir )
  • Mengucapkan salam

 

Pertemuan Kedua/ ke 2

a.   Kegiatan awal:

  • Mengucapkan salam
  • Berdoa bersama ( apabila jam awal )
  • Menanyakan kondisi siswa
  • Presensi
  • Pre test

b. Kegiatan inti:

  • Menjelaskan manfaaf konflik
  • Memberikan arahan kepada siswa cara mengatsai akibat adanya konflik
  • Penugasan

 

c.       Kegiatan Akhir:

  • Berdoa ( apabila jam akhir )
  • Salam penutup

 

 

Pertemuan ketiga/ ke 3

a    Kegiatan awal

  • Mengucapkan salam
  • Berdoa bersama ( apabila jam awal )
  • Menanyakan kondisi siswa
  • Presensi

 

b    Kegiatan inti:

  • Mengidentifikasi macam-macam konflik dan cara menanggulangi konflik
  • Mengelola konflik dan cara-caranya

 

c.       Kegiatan akhir:

  • Berdoa  ( apabila jam akhir )
  • Mengucapkan salam

 

Pertemuan keempat/ ke 4

a.   Kegiatan awal:

  • Mengucapkan salam
  • Berdoa bersama ( apabila jam awal )
  • Menanyakan kondisi siswa
  • Presensi
  • Pre test

 

b    Kegiatan inti:

  • Menggali informasi dari berbagai sumber tentang cara-cara mengatasi akibat adanya kinflik baik secara positif maupun negatif
  • Memanfaatkan konflik secara positif

 

c.       Kegiatan akhir:

  • Berdoa ( apabila jam akhir )
  • Mengucapkan salam

 

Pertemuan kelima/ ke 5

a.   Kegiatan awal:

  • Mengucapkan salam
  • Berdoa bersama ( apabila jam awal )
  • Menanyakan kondisi siswa
  • Presensi

 

b. Kegiatan inti:

  • Mendiskusikan cara mengatasi konflik secara kelompok
  • Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas

 

c.       Kegiatan akhir:

  • Berdoa ( apabila jam akhir )
  • Mengucapkan salam

 

Pertemuan keenam/ ke 6

a.   Kegiatan awal:

  • Mengucapkan salam
  • Berdoa bersama ( apabila jam awal )
  • Menanyakan kondisi siswa
  • Presensi
  • Pretest

 

b. Kegiatan inti:

  • Melanjutkan Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
  • Menyimpulkan hasil diskusi

 

c.       Kegiatan akhir:

  • Berdoa ( apabila jam akhir )
  • Mengucapkan salam

 

 

Sumber Belajar

-Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan, Solo : CV SETI-AJI

-Ating Tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas x semestert 1 dan 2, Bandung : CV ARMICO

 

Penilaian

  • Tes tertulis
  • Tes lisan
  •  Penugasan

Soal

Pilihan Ganda: Berilah tanda silang pada jawaban yang paling tepat

1.      Menejemen konflik sedikitnya mempunyai beberapa tahap…….

a.       Dua tahap

b.      Tiga tahap

c.       Empat tahap

d.      Lima tahap

e.       Enam tahap

2.   Tahap ini merupakan tahap identifikasi masalah yang terjadi untuk menentukan penyebab pihak yang terlibat

a.   Perencanaan analisis konflik

b.   Penampilan konflik

c.   Pemecahan konflik

d.   Sumber konflik

e.   Pihak netral dari konflik

3.   Dapat menjai pihak utama dalam konflik-konflik yang terjadi dalam dunia usaha dengan cara melibatkan diri secara aktif diantaranya ……..

a.   Pedagang

b.   Pembeli

c.   Wirausahawan

d.   Pelanggan

e.   Konsumen

4.   Merupakan salah satu pendekatan penyelesaian konflik melalui tukar menukar informasi, ada keinginan mengamati perbedaan, disebut……..

a.   Kebijaksanaan

b.   Membantu

c.   Menghindar

d.   Bersaing

e.   Mempersatukan

5.   Penyelesaian konflik melalui pendekatan ini memiliki keseimbangan yang sedany dalam memperhatikan diri sendiri dari orang lain sebagai jalan tengah disebut….

a.   Mendominasi

b.   Membantu

c.   Menghindar

d.   Mengadakan konfrontasi

e.   Mengadakan kompromi

6.   Jika kegigihan dan kerjasama pihak terkait rendah, maka mereka akan berusaha menghindarkan diri, sehingga konflik tidak tampak, adalah pemecahan konflik menurut cara………..

a.   Dr Terry

b.   HA Simon

c.   Thomas

d.   Howward

e.   Selo Sumarjan

7.   Strategi penyelesaian konflik “win-win” adalah ……..

a.   Mengelola waktu

b.   Perubahan struktur organisasi

c.   Perbaikan praktek organisasi tertentu

d.   Obyek dan emosional

e.   Penyelesaian menguntungkan kedua belah pihak

8.   Konflik dapat berakibat positif misalnya ……..

a.   Emosional tinggi

b.   Meningkatkan kinerja

c.   Mudah tersinggung

d.   Menjadi pandai

e.   Gagasan baru

9.   Sedangkan akibat negative konflik atau merugikan, misalnya …….

a.   Rugi dagang

b.   Rajin bekerja

c.   Frustasi

d.   Ketidak puasan

e.   Ramah tamah

10. Tips untuk wirausahawan dalam manajemen konflik diantaranya adalah ……..

a.   Rajin

b.   Jujur

c.   Pandai

d.   Mampu mengelola waktu

e.   Punya modal banyak

 

Kunci Jawaban

1.      a

2.      a

3.      c

4.      d

5.      e

6.      c

7.      e

8.      b

9.      c

10.  d

 

Pedoman penilaian

      Satu soal nilai 1

Betul semua total nilai 1 x 10 = 10

Purwotengah,

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran

 

 

Drs Sarmuji                                                                       M. Zainudin S. Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s